Tugas Kuliah
Mata Kuliah Kewirausahaan Rabu 8 April 2020
1. Mengapa kepemimpinan itu penting?
Karena kepemimpinan dalam sebuah organisasi adalah suatu hal yang wajib, karena dengan adanya kepemimpinan aturan bisa berjalan dengan baik dan keadilan dapat ditegakkan,
kepemimpinan yang baik juga dapat mendorong dan memotivasi anggota untuk bekerja lebih keras dan lebih baik lagi dari sebelumnya.
Karena berjalannya atau berkembangnya suatu kelompok itu organisasi itu tergantung dari pemimpin.
Pemimpin adalah seorang penggerak. Jika tidak ada pemimpin, maka binasalah kelompok tersebut.
2. Jelaskan perilaku pemimpin yang efektif
1. Memberikan contoh kepada para karyawan
2. Menciptakan suatau tatanan nilai dan keyakinan bagi para karyawan dan dengan bergairah mengejarnya
3. Memfokuskan upaya para karyawan terhadap tujuan yang menantang dan terus mengarahkan mereka kepada tujuan tersebut
4. Menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan kayawan untuk mencapai tujuan mereka
5. Menghargai dan mendukung para karyawan
6. Berkomunikasi dengan para karyawan
7. Menghargai keragaman para pekerja
8. Merayakan keberhasilan para pekerja
9. Mendorong kreativitas diantara para pekerja
10. Memertahankan selera humor
3. Jelaskan perbedaan gaya kepemimpinan otokratik, demokratik, dan bebas terkendali! Menurut anda gaya kepemimpinan manakah yg palik baik? Alasannya?
- A.· Pemimpin dengan Gaya otokratik pada umumnya memberikan perintah-perintah dan meminta bawahan untuk mematuhinya. Para komandan militer di medan perang umumnya menerapkan gaya ini. Pemimpin yang menerapkan gaya ini tidak memberikan cukup waktu kepada para bawahan untuk bertanya dan hal ini lebih sesuai pada situasi yang memerlukan kecepatan dalam pengambilan keputusan. Gaya ini juga cocok untuk diterapkan pada situasi di mana pimpinan harus cepat mengambil keputusan sehubungan adanya desakan para pesaing. Gaya otokratik ini tidak selalu jelek seperti persepsi orang selama ini. Untuk menghadapi anggota tim yang malas, tidak disiplin, susah diatur, dan selalu menjadi trouble maker, gaya kepemimpinan otokratik sangat tepat untuk digunakan oleh seorang ketua tim.
 
- · Pemimpin dengan Gaya Demokratik pada umumnya meminta masukan kepada para bawahan/stafnya terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan, namun pada akhirnya menggunakan kewenangannya dalam mengambil keputusan. Sebagai contoh, seorang manajer teknik di bagian produksi melontarkan gagasannya terlebih dahulu kepada kelompok yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut untuk mendapatkan tanggapan dan atau masukan sebelum mengambil keputusan.
 
- · Pemimpin dengan Gaya Bebas terkendali pada umumnya memposisikan dirinya sebagai konsultan bagi para bawahannya dan cenderung memberikan kewenangan kepada para bawahan untuk mengambil keputusan. Dengan gaya ini seorang pemimpin lebih menekankan kepada unsur keyakinan bahwa kelompok pekerja telah dapat dipercaya karena seringnya menyampaikan pendapat dan gagasannya, telah mengetahui apa yang harus dikerjakan dan mengetahui bagaimana mengerjakannya sehingga pemimpin hanya tut wuri handayani (broad based management).
 
B. Menurut saya gaya kepemimpinan yang paling baik adalah Gaya kepemimpinan demokratik,
C. Karena Gaya kepemimpinan demokratis/demokratik
merupakan salah satu gaya kepemimpinan yang paling disukai karena dapat mendorong kompetensi, kreativitas, kejujuran, kecerdasan dan keberanian berpendapat bawahan- bawahannya.
Karena Demokratis diharapkan bawahan akan lebih bertanggungjawab / mengikuti perintah atasan.
4. Kualitas kepemimpinan yang dibutuhkan dalam kondisi krisis (kondisi at the edge)?
A.Menjadi Visioner.
Di dalam dunia kerja, bukan hanya tantangan yang akan kita hadapi, namun juga beberapa keuntungan lainnya yang dapat diraih setelah menghadapi semua ujian tersebut. Penting bagi kita untuk menjadi seorang yang visioner agar kita dapat memvisualisasikan masa depan karier atau bisnis kita.
B.Tetap tenang.
Meskipun di poin sebelumnya kami menyarankan rekan-rekan Career Advice untuk mengambil tindakan secara cepat dan tepat. Namun dalam mengambil tindakan, kita juga perlu bersikap tenang. Tujuannya, agar tindakan yang kita ambil bukanlah cerminan dari sikap gegabah kita. Saat keadaan kritis datang menghampiri kita, jangan langsung mengambil tindakan di lima menit pertama. Luangkanlah waktu untuk berpikir selama 15 hingga 20 menit, berpikir dengan tenang sampai kita bisa mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan keadaan kritis tersebut.
C.Mengambil Tindakan dengan Cepat dan Tepat.
Apabila krisis terjadi karena kesalahpahaman dari pelanggan atau pelanggan sudah terpengaruh dengan kesan-kesan buruk terhadap perusahaan Anda, yang sudah terlanjur tersebar di media sosial, maka jangan khawatir. Ada cara lain yang dapat rekan-rekan Career Advice lakukan dalam hal ini yaitu, dengan membuat acara atau dukungan-dukungan lainnya yang dapat mengubah pandangan para pelanggan terhadap perusahaan dan bisnis rekan pembaca.
D. Memimpin dengan Rasa Empati.Beberapa krisis yang terjadi perlu dikelola dengan perasaan empati yang tinggi. Apabila kita menghadapi setiap permasalahan dan krisis yang ada tanpa rasa empati, maka semuanya akan semakin kacau balau. Sebagai contoh, jika perusahaan rekan pembaca tersangkut masalah dan itu memang kesalahan dari perusahaan Anda, maka solusi ampuh yang paling tepat adalah meminta maaf dengan setulus hati kepada pihak yang dirugikan.
Posting Komentar untuk "Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan"