Blogger Jateng

Tugas Kewirausahaan 29 April 2020

1.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan waralaba

waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perorangan atau badan usaha terhadap

sistem dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah

terbukti hasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan

perjanjian waralaba.

2.       Jelaskan jenis-jenis waralaba

a. Waralaba nama dagang (tradename franchising)

Waralaba nama dagang merupakan sistem waralaba di mana pewaralaba membeli hak kepada terwaralaba untuk memakai nama dagang dari pewaralaba tanpa harus semata-mata mendistribusikan produk-produk tertentu yang menggunakan nama dagang pewaralaba .

b. Waralaba distribusi produk (product distribution franchising)

Waralaba distribusi produk merupakan sistem waralaba di mana pewaralaba memberikan hak kepada terwaralaba untuk menjual produk tertentu dengan nama merek dan merek dagang pewaralaba melalui jaringan yang selektif dan terbatas. Cara ini biasanya untuk digunakan untuk memasarkan:

Mobil                       :suzuki,toyota,daihatsu,chevrolet

Minuman ringan : pepsi cola, coca cola

c. Waralaba murni (pure franchising)

Waralaba murni merupakan sistem waralaba di mana pewaralaba menjual kepada terwaralaba suatu sistem dan format bisnis yang lengkap.

 

3.       Jelaskan keuntungan dan kerugian waralaba

Menurut Zimmerer (2008)

keuntungan membeli waralaba yaitu:

a.       Dukungan dan pelatihan manajemen

b.       Daya tarik merek

c.       Standardisasi kualitas barang dan jasa

d.       Program periklanan nasional

e.       Produk dan format bisnis yang sudah terbukti

f.        Pemilihan tempat dan proteksi teritorial

g.       Peluang sukses lebih besar

Kerugian membeli waralaba

menurut Zimmerer (2008) yaitu:

a.       Iuran waralaba dan royalti terus menerus

b.       Sepenuhnya mengikuti operasi standar

c.       Batasan dalam pembelian

d.       Lini produk terbatas

e.       Syarat kontrak dan pembaharuannya

f.        Program pelatihan yang tidak memuaskan

g.       Kejenuhan pasar

h.       Kurangnya kebebasan

 

4.       Jelaskan cara memilih waralaba yang baik

 

a.Pilih usaha waralaba yang jenis industrinya sesuai dengan minat.

Memilih jenis bisnis yang sesuai dengan minat akan lebih memudahkan dalam hal pengelolaan dan pengembangan di masa depan. Memilih jenis usaha waralaba yang tidak sesuai dengan minat merupakan salah satu penyebab umum mengapa begitu banyak bisnis yang gagal dalam waktu singkat.

b. Pilih yang teruji

Waralaba yang dipilih sebaiknya memang yang sudah teruji di pasar. Artinya, produk waralaba tersebut memang benar-benar laku dan disukai banyak pembeli.

c. Pilih yang memiliki manajemen baik

Waralaba yang baik yaitu waralaba yang memiliki produk bagus, laku di pasaran dan dikelola dengan baik. Perusahaan yang memiliki sistem management yang baik tentu akan mudah bersaing dengan perusahaan yang tidak memiliki organisasi bisnis yang baik.

 

5.       Jelaskan prinsip dasar bisnis waralaba berbasis syari’ah

Islam sangat menganjurkan untuk berbuat adil dalam berbisnis, dan melarang berbuat curang atau berlaku dzalim.Rasulullah SAW diutus Allah SWT untuk membangun keadilan. Cukuplah bagi Al-Qur’an telah menjadikan semua tujuan risalah langit adalah melaksanakan keadilan karena keadilan lebih mendekatkan kepada ketakwaan. Seperti firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 8

Berikut Krieria-krieria bisnis waralaba syari’ah:

a. Menanamkan nilai keadilan dan kejujuran dalam setiap mekanisme bisnis waralaba yang

dijalankan karenaAllah telah memerintahkan hamba-hambanya untuk berbuat adil dan

jujur, seperti firman Allah SWT dalam Al – Qur’an surat An-Nahl ayat 90

b. Dalam bisnis waralaba berbasis syari’ah diperlukan sistem nilai syariah sebagai filter

moral bisnis yang bertujuan untuk menghindari berbagai penyimpangan moral bisnis

(moral hazard). Filter tersebut adalah dengan komitmen menjauhi 7 pantangan magrib

 

6.       Laporan Pengamatan bisnis Waralaba JNE

 


 

Rectangle: Rounded Corners: Laporan Pengamatan bisnis Waralaba JNE

JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE).

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) untuk mengurusi jaringan kurir internasional.

Bermula dengan delapan orang dan kapital 100 juta rupiah, JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hong Kong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.

Karena persaingannya di pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya TiKi dan namanya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.

Selama bertahun-tahun TiKi dan JNE berkembang dan menjadi dua perusahaan yang punya arah masing-masing. Karena ini kedua perusahaan tersebut menjadi saingan. Akhirnya JNE menjadi perusahaan diri sendiri dengan manajemen sendiri. JNE membuat logo sendiri yang membedakannya dari TiKi.

Rectangle: Rounded Corners: Visi & Misi JNEJNE membeli gedung pada tahun 2002 dan mendirikan JNE Operations Sorting Center. Kemudian pada tahun 2004 JNE membeli gedung untuk dijadikan Kantor Pusat. Keduanya berada di Jakarta. Saat ini kantor pusat PT TikiJNE berada di Tomang Raya No 9 & 11 Jakarta Barat

 

Rectangle: Rounded Corners: Visi:
Untuk menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia
Misi:
Untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten


 

 

 

 

 


Oval: Produk Dan LayananText Box: OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)
JNE Loyalty Card (JLC)
Jesika
Money Remittance
JNE Pick-Up Point (JNE PIPO)
Diplomat
JNE Online Payment (JOP)
JNE Online Booking (JOB)
JNE Trucking (JTR)
Syarat dan Ketentuan Pengiriman
International Service
MyJNE
Pop Box

Text Box: JNE Express
Super Speed (SS)
PESONA (Pesanan Oleh-oleh Nusantara)
YES (Yakin Esok Sampai)
REG (Reguler)

Produk dan Layanan JNE meliputi:


 

PERSYARATAN KEAGENAN JNE

 

A. Dokumen Administrasi

-Membuat Surat Permohonan Keagenan ke JNE Pusat Jakarta

-Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan

-Fotocopy KTP Penanggung Jawab Agen

-Fotocopy Surat Keterangan Domisili Perusahaan

-Fotocopy Surat Ijin Usaha Perusahaan (SIUP)

-Fotocopy NPWP Perusahaan

-Pas Foto berwarna 3×4 sebanyak 3 lembar

-Peta atau Denah Lokasi Gerai

-Pas Foto Gambar Counter luar dan dalam ruangan

-Membuat Surat Pernyataan tidak menjalin kerjasama dengan Bisnis Serupa

-Membayar Biaya Administrasi Rp2juta untuk sarana promosi

-Membayar Uang Jaminan Rp5 Juta

-Mau Menanggun Biaya Pajak Papan Reklame

-Menyetujui MOU Perjanjian kerjasama awal dan berlaku selama masa percobaan yaitu 3 bulan

-Setor Tunai Harian

-Jika omset udah mencapai Rp 50 juta maka sub agen wajib online

 

B. Syarat untuk Lokasi

-Denah Gerai dan Lulus Team Survey

-Area dapat diakses Mobil

-Area Strategis

-Ukuran Gerai Agen minimal 3×3 meter

-Lokasi Harus Bisa Digunakan Menjadi lahan parkir minimal 2(dua) unit mobil

-Harus Ada Layanan komunikasi minimal : 1 (satu) fixed line telephone

-Memiliki 1 buah timbangan Digital minimum Kapasitas 100 Kg

 

C. Syarat untuk Sumber Daya Manusia

-Minimum Ada 2 (dua) petugas dengan pendidikan setingkat SLTA.

-Sudah Mendapatkan sertifikasi lulus training dari JNE Kantor Pusat.

-Semua Petugas Wajib menggunakan Seragam dan ID Card Agen JNE

-Petugas Bisa melakukan penjemputan/pick-up kiriman Paket dari Pelanggan atau pengirim.

 

D. Syarat Online System

-Ada Minimal 1 komputer dan Printer Laser Jet/Dot Matrik.

-Ada Layanan Online menggunakan VPN Instan + Speedy Internet Telkom + Modem Speedy

-Mau Menanggung Biaya Online Yang Ada Untuk Internet’

 

E. PERLENGKAPAN SALES (disediakan oleh Cabang Utama/Cabang JNE tempat pendaftaran)

 

Papan Merk berupa neon box ukuran P.90 x T.60 (cm)

Fascia Sign berupa spanduk ukuran minimal P.300 x T.90 (cm)

Backdrop logo JNE timbul ukuran Tinggi 60 x Panjang 120 (cm)

Seragam karyawan Sales Counter mitra JNE minimal sebanyak 2 (dua) buah

 

Sumber: www.jne.co.id


Posting Komentar untuk "Tugas Kewirausahaan 29 April 2020"